Skip to content

Tips Menangani Kulit Kusam yang Tepat dan Benar!

Written by

admin

Kulit yang kusam adalah sesuatu yang setiap wanita pastinya ingin hindari dan kamu pastinya ingin mengetahui cara menangani kulit kusam. Tidak hanya karena itu akan membuat mereka terlihat tidak fresh, kulit yang kering dan kusam merupakan tanda-tanda kesehatan kulit kamu tidak optimal. Sebelum kita membahas cara mengatasi kulit wajah kering dan kusam sebaiknya kita mengetahui apa saja ciri-ciri kulit kusam di bawah ini. 

Ciri-cirinya

Kulit yang sehat adalah kulit yang mempunyai cukup kelembaban. Saat disentuh, kulit terasa kenyal, padat, dan halus. Kebalikannya, kulit kusam tidak memperoleh cukup kelembaban hingga performanya tersamarkan oleh warna yang lebih gelap.

Warna gelap di kulit kusam berlainan dengan warna kulit yang gelap secara alami. Orang dengan kulit yang gelap mempunyai semakin banyak pigmen melanin pada kulitnya. Makin banyak produksi melanin, makin gelap juga warna kulit Anda.

Kulit yang gelap sekalinya tetap terlihat bersinar seandainya keadaannya sehat dan cukup lembab. Saat itu, kulit yang kusam kelihatan rata dan tidak ceria. Tipe kulit ini pada intinya ialah kontradiksi dari kulit yang muda, ceria, dan sehat.

Pemicu kulit kusam

Ada beberapa hal yang bisa mengakibatkan kulit kusam. Berikut beberapa faktor yang umum.

1. Bertambahnya umur

Kulit akan menua bersamaan pertambahan umur. Makin lama, produksi protein penunjang kulit yang disebutkan kolagen akan semakin menurun. Keadaan alami ini membuat kulit terlihat lebih kering, disanggupi kerutan dan garis lembut, dan tidak bersinar.

2. Kurang konsumsi air

Minum air yang cukup bisa dibuktikan membuat kulit lebih sehat. Air dapat menjaga kelembapan dan kelenturan kulit hingga kulit lebih tahan pada iritasi, keretakan, dan kerusakan.

Air yang Anda minum menghidrasi kulit dari bawah permukaan atasnya. Tanpa mengkonsumsi cairan yang cukup, kulit jadi kering dan terlihat kurang bersinar. Pori-pori kulit makin kelihatan dan kerutan ada bisa lebih cepat.

3. Panas dan udara kering

Walau dapat terjadi pada siapa, permasalahan kulit kusam semakin banyak dirasakan orang yang menetap di daerah yang panas. Keadaan ini lebih umum terjadi pada musim kemarau, musim dingin, atau cuaca tertentu dengan udara yang kering.

Beberapa Tips Menangani Kulit Kusam

Untuk menangani kulit kusam ada banyak perawatan simpel yang gampang dilaksanakan, hingga kulit akan terlihat lebih ceria:

1. Teratur bersihkan muka

Untuk menangani kulit muka kusam, hal pertama kali yang harus dilaksanakan ialah teratur bersihkan muka. Anda dianjurkan untuk bersihkan muka sekitar 2x dalam satu hari, yakni saat pagi dan malam saat sebelum tidur. Supaya tersisa kotoran yang melekat di kulit betul-betul terangkat, janganlah lupa untuk mengimplementasikan toner.

2. Pakai pelembab seperti tipe kulit

Sesudah muka telah betul-betul bersih, janganlah lupa untuk mengimplementasikan pelembap. Tetapi tidak boleh sembarangan pilih, yakinkan Anda memakai pelembap sesuai tipe kulit.

Untuk yang mempunyai kulit kering, tentukan pelembab yang memiliki kandungan asam hialuronat, dimetikon, gliserin, dan lanolin. 

Untuk Anda yang mempunyai kulit berminyak, dianjurkan menggunakan pelembap muka yang memiliki label nonkomedogenik. Sementara untuk yang mempunyai kulit peka, tentukan pelembap muka yang hipoalergenik dan bebas pewangi karena lebih “ramah” di kulit.

Previous article

Apa Perbedaan Kulit Kering vs Kulit Dehidrasi?

Next article

Manfaat Memakai Sunscreen Untuk Kesehatan Kulit

Join the discussion

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *