Skip to content

Langkah Membuat Pembersih Wajah Berbahan Alami

Written by

admin

Setiap harinya, kamu yang sering melakukan aktivitas diluar rumah tentu akan terekspos dengan debu dan kotoran. Hal-hal seperti itu tentu saja akan menempel di permukaan kulit kamu dan tentu saja kulit wajah kamu tidak menjadi pengecualian. Rajin membersihkan muka di saat malam hari adalah sesuatu yang penting untuk dilakukan. Nah kali ini kami akan membahas apa saja langkah membuat pembersih wajah berbahan alami yang kamu bisa coba dirumah. 

Langkah-langkah dibawah ini tidak akan susah untuk ikuti karena membutuhkan bahan yang cukup mudah untuk didapatkan. Apa saja langkah itu? 

Pertama-tama sebelum kita mengetahui apa saja langkahnya, kamu harus mengetahui kira-kira jenis kulit wajah kamu itu apa. Ini penting karena tidak semua bahan sesuai untuk semua jenis kulit. Secara garis besar kulit wajah manusia dapat dibagi menjadi 5 jenis yakni: 

  • Kering
  • Berminyak
  • Normal
  • Kombinasi
  • Sensitif

Setelah kamu mengetahui jenis kulit yang kamu miliki, kamu akan lebih paham bahan apa saja yang sesuai dengan kamu ya. Contohnya apabila kamu mempunyai jenis kulit yang sensitif maka kamu membutuhkan pembersih wajah yang lembut.  

Pembersih wajah berbahan alami menggunakan lemon dan madu

Terdapat kandungan vitamin C di dalam air lemon dan ini berfungsi sebagai antioksidan dan antibakteri. Lalu madu berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit kamu akan tidak terjadi penuaan dini. Dengan menggabungkan kedua bahan tersebut, kamu akan memiliki pembersih wajah berbahan alami yang berfungsi untuk pelembab dan antiseptik. Menarik bukan? Sudah pasti bahan-bahan ini sangat mudah untuk ditemukan ya dan harganya pun terjangkau. 

Yogurt

Pernahkah kamu mendengar bahwa bahan yang satu ini dapat dijadikan bahan pembersih wajah yang alami? Kalau belum, yogurt dapat digunakan untuk menghilangkan racun dari permukaan kulit wajah. Ini karena yogurt memiliki kandungan protein dan asam laktat. 

Bahan yang satu ini cocok buat kamu yang mempunyai jenis kulit kering karena dapat membantu melembabkan kulit. Dan sama seperti bahan diatas, yogurt sangat mudah untuk ditemukan. 

Pembersih Wajah Berbahan Alami Dari Minyak Kelapa

Bahan alami yang satu ini bisa kamu manfaatkan untuk pembersih wajah dan sebagai pelembab wajah yang alami. Selain itu dikarenakan kandungan asam linoleik pada minyak kelapa, kamu akan dapat melawan jerawat dan asam laurik. 

Anggur dan Putih Telur

Mungkin kamu jarang mendengar tentang hal yang satu ini. Tetapi ternyata anggur  dan putih telur dapat dimanfaatkan sebagai salah satu bahan alami pembersih wajah. Hal ini karena dalam anggur terdapat kandungan Vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan dan putih telur sebagai pelembab kulit. Caranya kamu bisa mencampurkan satu putih telur dengan 6 butir anggur dan oleskan campurannya ke permukaan wajah setelah itu bilas hingga bersih. 

Cuka Apel

Menggunakan cuka apel bertujuan untuk membersihkan sel kulit mati di permukaan kulit. Bahan ini fungsi nya kurang lebih sama dengan toner.

Itu dia beberapa bahan alami yang bisa kamu coba ya. Perlu diperhatikan kamu harus berkonsultasi dulu dengan dokter kulit agar mengetahui apakah bahan-bahan diatas sesuai dan cocok dengan jenis kulit yang kamu miliki. Nantikan artikel menarik lainnya agar kamu bisa terus menambah wawasan.

Previous article

Hello world!

Next article

Apa Saja Tanda Kulit yang Sehat? Cari Tahu Disini!

Join the discussion

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *